Big Bad Wolf 2017 Books Hunt.. yeaay

BIG BAD WOLF Books 2017

Dibilang kutu buku, kayanya ga juga, tapi hobi beli buku… hobiiiii..

Buku selalu menjadi teman yang menyenangan, buku tuh. Kaya jendela dunia.. ehehehe, dan somehow.. mira lebih suka memberi hadiah buku daripada benda lain seperti boneka dll… bukan apa-apa sih, asaaa lebih guna aja.

Oia, ada event yang terkenal bangeeet namanya Big Bad Wolf (BBW) , ga ngerti juga kenapa dinamain begitu, apa Karena orang-orang yang datang kesana, model-model aura si Serigala Besar Jahat (Big Bad Wolf) yang ngabisin semua milik 3 babi… (yeaaaah, I know that kind of fable too), alias bisa kalap belanja.

BBW tahun ini dilaksanakan 21 April – 2 Mei 2017, 280 jam..nonstop, jadi asli daah bisa kesana pas midnight puun. Lokasi BBW tahun ini di ICE BSD, tahun-tahun lalu sih, aaah boro kepikiran untuk melipir.. lha wong jauuh dari Jakarta apalagi dari Bandung. Tapi.. berhubung sekarang Ra tinggal di Serpong, ke ICE BSD tuh.. Cuma 4-5 km… aaaaa apalagi pakai motor..tinggal sat-set-sat set ajaaaa.. ngesot hehehehe. Dan kebetulan berikutnya adalah.. bisa kucluk2 disaat hari kerja dan jam kerja, less crowded off course., ngik. BBW provides imported books and local books dengan diskon gede-gedean banget.

Untuk buku import, kisaran harganya di 75 ribu keatas… yaa emang bener diskon 60-80% nya, lha Ra liat harga bukunya 25 USD, 19.99 Poundsterling .. yaaa kira-kira hampir 400 ribu rupiah ..dibandrol dikisaran 80ribu rupiah aja, karenanyaaa akhirnya berdasarkan permintaan sahabat yang jauh2 demi anak-anaknya juga (Bandung, Jakarta,dll), berangkat lah Mira kesana…wooooaaaaa…. Ini gede bangeeet luas dan adem hehehe.

Ahahaha..serius, mira datang 2x kesini, Mulailah Ra ngelilingin, model kaya Pacman menyusuri tiap lorong hehehehe.. trus dikit-dikit foto display nya untuk dishare ke teman-teman yang nungguin buku yang dicari.
Overall waktu yang mira habiskan adalah 4 jam.. alhamdulillah itu jugaa Karena ga pakai antri banget di kasirnya, Karena konon, kalau datang pas weekend or malam, ngantri di kasirnya ajaaaa bisa sampai 4 jam. Abis itu langsung pulaaang ajaaa hehehe. Besoknya lanjut lagi

Tips datang ke BBW,
1. Datang di Hari Kerja dan Jam Kerja (amannya jam 09.00-14.00), ahahaha.. yaaaa kan ini saran aja. Kalau diatas jam segitu, nanti ada anak sekolah yang udah bisa melipir juga, penuh juga deeh.
2. Bawa Cash, alias Uang Tunai, untuk mencegah kekalapan belanja hehehe kecuali ada titipan dari teman-teman, yang berarti kita mah belanja nya doank, uang kita Cuma nalangin aja, tahun ini BBW kerjasama nya dengan Bank Mandiri, jadi klo keabisan cash, ada mesin EDC di tiap kasir. Nooooppppeee.. ga ada ATM Mandiri or BCA (sengaja nyebut merk) yang terletak di sekitar venue BBW), untuk bank lain tersedia sih.
3. Bawa Bekal, atleast minum, makin kesini, BBW makin luas aja tempatnya… jadi wara-wiri begitu lumayan pegal dan haus jugaaa.. sebenarnya ada foodcourtnya, lucu dengan model Food Truck, dan menu bervariasi jugaaaa , cumaaa harganya yaaa lumayan lah.. oia, kalau mau yang rada murmer makannya.. turun aja ke parkiran, di Parkiran banyak kedai makan, buat yang biasa ngantor.. pasti biasa juga ke kedai seperti ini, lumayan bisa pesan indomie goreng dan capucino ajaaa hehehehe.
4. Prefer Jangan bawa Baby , namanya juga tumpukan buku, banyak orang, kasian aja baby nya, kalau bocah2 SD sih gpp, bisa puas milih sendiri. BBW tahun ini, nyediain playground juga loooh.. jadi bisa aja bawa balita dan pengasuhnya, trus biarin deh mereka di playground nya itu.
5. Spare waktu 5-6 jam, kalau kebetulan udah tau tempatnya dimana aja, lumayan cepet nyari nya, tapi kalau ga, yaaa rada bye maksimal lah nyarinya, walau dari pihak panitia udah membagi section nya trus dibenderain juga tempat-tempatnya, kadang bahkan ada beberapa pengunjung yang sampai minta tolong sama adik-adik manis panitia (serius tampak seperti adik-adik, sepertinya mereka seumuran anak SMA akhir atau kuliah semester awal)
6. Janjian sama teman yang asik.. alias sama-sama kutu buku.. buku addict.. hobi hunting jugaaa… karena ngabisin waktu berjam-jam itu seru jugaaa bareng sohib-sohib

un-Solo Weekend Adventure

Solo Weekend Adventure

solo weekend 21 nov 2015

Here`s what going happen when you visit your friend on weekend, yet her family live nearby.
Yesterday, I went to Yogyakarta, to pick up the meds, lucky me I got to choose the date, so I pick Thursday night Train, with estimated I went to UGM on Friday.. then I have whole weekend as weekend adventure.
Friday : 04.30 arrived at Stasiun Tugu Yogyakarta , fiuuh lucky me I didn`t feel down asleep otherwise I will arrive at Surabaya.
I always like to visit Yogyakarta, because. I have friend there.. meaning.. I got the accoodation for free.. xixixixi. So my friend Yani pick me up at statiun.. do the little ride in the morning, buy breakfast etc, until we arrive at her house.
After that we went to UGM, well I went to UGM, she went to RS Sardjito.
Btw, she told me that `I am planning to went home to Solo` …. Whuaaaats… okay then, lets do the Solo Weekend Adventure.. hohohoho
Saturday morning, we take the Pramex (Prambanan Express) a train that conect several kabupaten in middle Java… the fare.. only IDR 8.000 for each person. Aaaa for information, we only can buy tickets 3 hours at the minimum prior the departure, so we buy at 6 AM for the 9 AM schedule
Yogya to Solo takes around an hour few minutes.. the train was cozy. One thing for sure, I got roaming.. not a single word those passengers talking I understand,, I only nod..smile..etc.
Arrived at Stasiun Solo Balapan at 10.30… and Solo is HOT (not warm). Pleaseee I need somethng cool… hiks. And Yani said.. nope.. my house is not at Solo.. we still have to use taxi to my house, at the next city.. wkwkwkwkw.
Arrived at her house, nopeee… She said `everyone at Mom`s store` so we went there. Having another brunch .. Yes, it`s always feel awesome when introduced to your friend`s parent and they said `friend from college ? from where ?` .. and kind of getting the feeling `aaaa she`s my daughter friends, sparing time for visiting her friend`s hometown`
After that.. we went by motorcycle 3 motors back to Solo, with Yani`s sister and her Father.
After that, we had luch Selat Solo, gosh that place was crowded indeed.
Selat Solo ? one of the famous culinary item hm.. its looks like the western beef steak, with slice of potato, carrot etc. The taste ? People of Solo quite enjoy the sweet flavour.. so yes it is sweet flavour.
Did I mention the city had Hot temperature…. I got a little heatstroke, however… its not like I went here seldom.. so no way, I am giving up.. So We ask the Restaurant, if we could buy some ice cube to relief my headache.. So all along the road.. I was like holding a plastic of Ice xixixixixi.
And we continue to the Keraton Solo, hm.. only IDR 15.000. here you got to learn the Dinasty of Solo.. (or something like that). After that, we went to Pasar Klewer why ? stupid me.. I tought the weather will be friendly, so I bring my usual clothes. Daaaa aaa not match with the weather here, I need another Tshirt. So we went there to buy it. After that we went to Masjid Ageng (Main Masjid), do our Dzuhur and Ashar Prayer.. continue to Galebo Culinary Site.. however not yet open. Sari (Yani`s little sister said .. around night, usually very crowded) well I don`t have the time.
After that Yani said `I have to buy our Pramex ticket` aaaa ooo noooo… Lucky me Sari well known the city, so Sari take me to a `mini little tour` around the city, because I only simply said ` I only need to take picture of several spot`. So off we go… around the city.. I said its payback, because a years behind, I took Sari to little mini tour at Bandung.. so I call it even.
We went to Stadion Manahan, the another place BaleKambang. However all the place are closed hahahha.. well then, I just take the picture.
After that, we went for dinner at Bakso Kadipolo, and off we go back to Stasiun Solo Balapan.. with a very cloooseeee time, I almost arrive there late. Xixixixi
And off me and Yani back to Yogyakarta, by the last schedule of Pramex.. the train was `enough empty` so i got the chance to take picture there..
And we arrive back at Yogyakarta 21.30
Not even 12 hour.. atleast I got to said ` yes, I went to Solo, to do my Un Solo Weekend Adventure`
Thanks to Yani and her family

#Weekend Adventure
#dLunC
#Ukhuwah

Lets Meet Up (dLunC ed)

Lets meet up

Having lots of friends, yet only had three complimentary tickets, is a hard thing..!!
So I decided to invite my friend from Jakarta, arrange it in quiet mode , even I said to her “gosh, they going to bang my head, if they know you are coming, yet not meeting with the others”
So, at the last day, prior to her arrival, I told them “Heeeeiiii… Atit is coming to Bandung, kindly meet up at Car Free Day Dago on Sunday “ .
By quietly,
arrange it to have lunch with Susan which accidently visiting Bandung.. yeeeaaay 1 friend checked
After that we went to Trans Studio Bandung, meet up with me, checked
And the next morning, we have breakfast and meet up with Tya , checked…
Walking down Jl. Hasanuddin.. a car stopped by, and there were Irma and her little family, checked.
After that meet up with Vera and her twin sister Veri, checked..
And all the sudden, Riri message “I am coming to CFD” with her little family …
d LunC Meet Up
Horrraaaay….. Unplanned meet up is so successful…
Very Happy to know that finally the meet up is a little big success..
Let it be, one are so bussy at Jakarta, Serang or Bandung …
It just doesn’t really matter.
Because when the time came for us to meet up..
There shall we be.
We don’t need that fancy place to meet up
Doesn’t really need that fine dining also
Sometimes, a simple meet up at the Street… is just feel AWESOME

Bandung 07-08 Nov 2015
#Thankyou for coming, despite the busy day
#dLunC
# Friendship

Museum Geologi Bandung

1 ~ 2 Aug 2015 , Museum Geologi Bandung

My Brother said that he`s coming to Bandung for one reunion with his college friends. He is coming with his family.
At first I already booked him a room at hotel, however due to a mistake made by the hotel team, amazingly.. he got compesated with a lot..lot bigger room xixixi.. envy you brother.

So, because of the big..big.. and wide room, he even said `the room has a size of my home at Depok`

So, I decided to sleep over here although, once again.. actually my kosan is soooo nearby.

For Dinner we went to Ciwalk, on foot.. yes.. yes.. the Cihampelas Walk really is in walking distance from the hotel.
the next day, after breakfast, we went to Museum Geologi Bandung, it is a place about rocks.. and Dinosaurs .. ahahahaha it really is, well atleast the remains from it, actually it is a place from what I call `educational vacation destination`,
From the first we walk into, we`ll see a big..big.. Mammoth bone, yups an ancient Elephants bone ( is it real ? of course not.. it is a replica. )
On the left side of the main entrance, There is a room, with a big spinning Globe, showing the Earth and what is inside, and there is also lots of Mineral Rocks, colourfull, I don`t recall all the names, but I think.. some of it named like jewelry that I know, such as opal, saphire, diamond, gold, bismuh, etc. There is also a room about Indonesian`s Geology , how the soil of Indonesia, what people mining in it, etc
On the right side of the mainentrance, there are collection of Bones.. what bones ?? a Tyranosaurus Rex.. (its a replica though hehehe), and other bones from ancient animal, and also human skull showing the evolution theory

On the second floor, we can see information about the use of mineral and energy, there is also an earthquake simulation.

Overal I said, It is a good place for educational.

The entrance fee was also cheap, for Adult it only cost Rp. 3.000, Student Rp. 2.000 and Tourist (Foreigner) Rp. 10.000
Address : Jl. Diponegoro No. 57 Bandung, West Java
Operational Hour :
Monday to Thursday : 08.00 ~ 16.00
Saturday and Sunday : 08.00 ~ 14.00
Friday and National Holiday : Close

A place, recommended. Indeed … !!!

1 2 aug bandung weekend adventure#Thanks Bro, for taking me here.
#thank to the goverment, providing the educational place like this
And for Lunch.. we had Soto Ayam near ITB, my Brother`s campus.
Ahahahaha.. my kind of weekend adventure, where it doesn`t really need to be expensive (despite the Hotel hehehehe), walking together, having lunch together, its just have to be Fun.
Once again.. thankyou for visiting Bro.

Bandung weekend adventure

Bandung Weekend Adventure
If we still at the same city, we can not say it a vacation, but for me, doing something out the box, with a non co-worker friend and staying at a place other than my kosan or my home.. I call it vacation, and because i went by using motorcycle.. I call it adventure..
yeaaay…
It all start from a free voucher for staying at one of the hotel in Setiabudi, really that place is just around 5 km distance from my kosan. And I have this friend, she said “i want to test drive my underwater camera” … daaa a.. Actually I think that just a make up silly reason. 😅

But the day before, I got a call from another person, he invited me and my friend to come to his company event, it was a symphosia about epilepsy at another hotel in Ciumbeluit.
So I thought, hey why not, I still have to wait from my friend from Jakarta until afternoon.

So here is my another weekend adventure
Saturday morning, I went to a symposia about Epilepsy at Harris hotel, that hotel is soooo orange, it brings back memories as a student actually.. after several years, got to listen my teacher again. After having lunch, one of my friend had to do her shift at the hospital…
haaaaaa….
everyone indeed have their own way to spend the weekend. Having nothing to do, so I do a little trip to ride her there, and after that, off I go to the hotel I will be staying.
Arrived at the hotel, xixixixi.. got nothing to do.. so just watching TV and wait for my friend.
After she arrived, finally… we decided to have a ride, little bit down hill… which actually kind of scary for me, the road has many turning point, and again there is a little light (wondering why there are no road lamp in this area). We ate at Warung Soerabi , and of course we ate Soerabi, one of the famous culinary.. made from a rice flour, shaped around, and cooked at a special cookware made from clay and burned on charcoal flame, and after that.. they add the topping or the sauce, I like the original one, Soerabi Kinca a sweet savory made from a palm sugar with additional sugar. but my friend order another flavour.. with mayo sauce and with oncom, gosh i think she’s gonna feel full xixixixi.

And the next day, we had breakfast at the hotel, and suddenly, one of my friend message “when will you all going to check out ? Can I take a nice little nap there, after my night shift?” , why off course, you can come here. So waiting for her, me my friend stay at the pool, and here we go, my friend tried her underwater camera, well several visitor did watch us, after several picture.. I really had to explain to them “we are trying our new camera =).
Yeaaah.. Finally another friend show up, she really did came just for a nap.
After that, we check out from hotel, and off we go to another food court in Bandung, for lunch we had Iga Bakar Jangkung. Taking another snapshot there. And time passed by , time for my friend to go home, and so do I.

Another weekend adventure, a nice combination between friends, places, and something free, we call it “The gift of friendship” bandung weekend adventure picture

Kuala Lumpur Weekend Adventure

20 June 2014
Please attend the meeting at Kuala Lumpur…Yeaaaay… kembali merasakan yang namanya weekend adventure, dan lagi-lagi for free.. eh ga juga deh, kali ini judulnya mah KERJA kok..

Berangkat dari Bandung, bareng sama 2 orang lainnya dari RSHS.
Sampai di KLIA.. ahahahaha.. entah kenapa, nama yang ditulis di papannya, nama Mira =D (berasa orang penting). Ternyata, lumayan jauh juga yaaa dari KLIA ke hotelnya.

Sampai di hotel, ternyata blum bisa langsung cek-in.. haaa ya sudahlah… oia, ketika disuruh deposit di Hotel, buahaha.. disuruh deposit 1000RM, lhaaa Cuma bawa uang segitu buat 3 hari makan..dudul..dudul..
#sebagai pengingat ajaaa..klo nginep di Hotel, semakin berbintang hotelnya, semakin besar deposit yang harus ditaro…(yaaa kan, Mira mah, modal free.. mana terbiasa tuh deposit2an),
untungnya, di depan hotel ada Mall.. jadi bisa kucluk2 nyari money changer, sekalian beli Lunch, dan beli nomer HP baruuu.
Lunch.. nemu siiih Resto Padang, tapi… sumpah kaya ga kenal..xixixixi, jadi sudahlah, balik ke yg sudah dikenal aja, apalagi klo bukan FastFood.. dudududu.
Oia, karena nuker di Mall, ternyata.. KURS nya malah lebih gede daripada di Bandung.. xixixixi, jadi malah dapat lebih deh.

RM yang warna warni

RM yang warna warni

(sengaja foto Ringgit Malaysia..uangnya.. bagus yak.. warna warni dan gambarnya Cuma 1 orang, agak-agak ngebandingin dengan negeri sendiri.. yang gambarnya banyaaaaak banget, tiap pecahan beda-beda)

Beli nomer HP baru.. waaah disini ternyata harus langsung diregistrasikan kartunya, duh Alhamdulillah ketemu counter HP yang sabar banget ngelayanin yg rempong model kami… oia, 1 passport bisa buat registrasi 10 nomer, jadi kami pakai Passportnya konsulen aja.. xixixixi.
Udah beres lunch, dapat nomer hp, tuker uang.. lanjut ke.. beli oleh-oleh2 wkwkwkwkw.. padahal belum kerja loh, tapi udah beli oleh2 aja. Soalnya ngeliat jadwal besok, seperti full pisan. Dudududuudu.

IMG-20140620-WA0008Akhirnya selesai, balik ke hotel, udah bisa check in.. oia hotelnya St. Weston di Jalan Bukit Bintang, pemandangan di jendela.. hohohohoho… Twin Tower boooo !!! great, perfect room.

cibak-cibung dikit.. trus… Welcome Dinner, yeaay ketemu juga sama delegasi lain dari Bali, Malang, juga dari Negara lain..

Twin Tower nya

Twin Tower nya

Sebenarnya, beresnya udah lumayan malam sih… tapi, berhubung, katanya twin tower..keren banget pas malam, jadi.. off we go to Twin Tower .. hohohoho.. iya, emang keren banget, nyari spot yg keren.. berhasil juga… Yeaaay Mira di KL

21 June 2014
Akhirnya Meeting juga, jangan harap bisa cabcuz deh, klo ikutan training yang kaya gini.. xixixixi.. full day banget. Selesai sampai sore pisan.. tapi dasar, ga nyerah sama yang namanya jalan-jalan nyari oleh-oleh, pergi lagi dooonk nyari oleh-oleh.

22 June 2014
Okay.. berhubung flight nya nanti sore.. jadi pagi-pagi, acara bebas..!!! jadi dari pagi, kudu ngerasain yang namanya keliling KL atleast..
Ngapain yak Mira.. oia,

Siap-siap naik Rapid KL

Siap-siap naik Rapid KL

Mira berkeliling KL, ngerasain yang namanya MRT, oia pakai TOKEN disini, kita kudu milih jalurnya trus koinnya akan keluar senilai perjalanan nanti, bentuknya lucu, mirip kaya uang mainan hehehehe jadi harus tau rute, klo kebablasan, yaa sayang dana nya.

Copy of IMG_0302

Copy of IMG_20140622_100934

Mira memutuskan untuk “wisata” ke gedung2 Islam.. apalagi klo bukan Masjid =D.
Copy of IMG_0305Pergi ke Masjid Biru… uooooooo dari luar dah keliatan kubahnya yang ga berbentuk Kubah, dan warna nya Biru. Fee entrance ? mana adaaa… ini kan Masjid. Jadi BEBAS Masuk.. asal.. Muslim =).
Yups, di masjid ini, kudu mesti berpakaian sopan… banyak turis yang datang, tapi mereka diminta bajunya dilapis dengan sejenis gamis, dan yang perempuannya wajib pakai jilbab… (senyum-senyum sendiri jadi nya Mira, ngeliat begitu relanya yah.. turis asing itu, ngikutin “peraturan” di Masjid itu.. IMG_0310oia… itu CUMA buat berada di sekitar Masjid aja.. begitu sampai di Area Utama Sholat.. jreng..jreng.. dipasang pembatas No entry.. aaaaa IMG_0308Alhamdulillah pakai jilbab..muka setipe.. ga pake ditanya-tanya malah dipersilahkan.. bagus emang arsitekturnya langit-langitnya.. biruuuu banget…. Keren..keren..

Oia, ada buku tamu nya.. ehehehe.. Mira nulis juga lah.. “Mira Indonesia” =).
Abis dari Masjid Biru.. oia namanya National Mosque lanjut ke sepanjang jalan.. jalan apa yak itu namanya, IMG_0321 tapi berhubung masih di daerah perserikatan Islam, jadi banyak arsitekturnya yang seperti itu.. kirain Masjid.. eh taunya stasiun kereta.. xixixixi

IMG_0319

Balik dari jalan-jalan.. asli jalan-jalan.. dah, sengaja emang ngerasain yang namanya walking down the street nya.. hehehehe.. pegel, ya sudahlah ya.. pas banget sampai hotel, just check out.. trus nungguin waktunya pulang aja. Dianternya.. xixixixi.. pakai Camry booo lalalalala. Oia pak Supir ini, namanya Pak Mutu, jadi agak bercanda kami panggil dia “Uncle Mutu tak ape kah ? macam Upin-Upin saje”
And off kite pulang balik kat Indonesia ye…

Benar-benar Weekend Adventure.. hm.. ga cukup euuy.. masih pengen explore Malaysia lebih lanjut.. semoga suatu hari kesampean lagi.

Kuala Lumpur, Malaysia, 20-22June 2014

Kuala Lumpur, Malaysia, 20-22June 2014


Kesimpulan.. buat yang suka arsitektur, boleh jadi tujuan nih kesini

Perpanjang Paspor Indonesia ONLINE

Ga kerasa juga.. ternyata paspor Ra udah mau abis, bukaaan.. bukannya udah menghitung hari, tapi masih dalam hitungan 6 bulan sebelum hehehehe.
Sempat dengar-dengar, katanya perpanjang Paspor bisa secara ONLINE, sehingga ga perlu bolak-balik banget, jadi Ra mencobanya.
Ini step yang Ra lakukan
1. Buka web imigrasi online, googling aja nanti muncul kok web nya,
2. Pilih bagian PERPANJANGAN
3. Isi data-data disitu : Jenis Paspor, Nama, Alamat, No Paspor lama, dll sampai lengkap sampai ke alamat email. Disini juga ada permintaan untuk upload syarat-syarat perpanjangan Paspor
Syarat perpanjangan paspor, sama saja seperti bikin paspor baru : KTP, Akta atau Ijazah , Kartu Keluarga, dan untuk perpanjangan ditambah “Paspor Lama”
Tapi, kalau tidak berhasil upload, gpp juga, kebetulan Ra termasuk yang gagal meng-upload.
4. Mendapatkan email notifikasi di email yang dicantumkan, dengan attachment “ BUKTI PENGANTAR KE BANK” dengan Nominal yang jelas berapa yang harus dibayarkan dan No. Billing (untuk ditunjukkan ke Bank BNI)
5. Lakukan Pembayaran di Teller BNI terdekat, jangan lupa bawa yang tadi Print BUKTI PENGANTAR KE BANK dengan Rincian : Biaya Paspor Rp.300.000,- Jasa TI Biometrik Rp. 55.000,- jadi total Rp. 355.000, oia jangan lupa biaya bank Rp. 6.000 jadi total Rp. 361.000,-. Nanti dari Bank BNI, mendapatkan bukti pembayaran dengan No “Jurnal Bank”.
6. Lakukan konfirmasi pembayaran sesuai Link yang tercantum di Email, pilih tanggal rencana mau wawancara dan masukkan juga No. JURNAL BANK yang tercantum di BUKTI PEMBAYARAN dari Bank BNI, lalu jreng..jreng.. muncul deh “Tanda Terima Pra Permohonan” jangan lupa diprint ya, untuk nanti dibawa saat wawancara.
7. Hari Wawancara,Sidik Jari dan Foto
pastikan membawa semua berkas yang dibutuhkan Asli dan Fotocopy.
• Tanda Terima Pra Permohonan
• Bukti Pembayaran dari Bank BNI
• Dokumen Asli KTP, Akta Kelahiran atau Ijazah, Kartu Keluarga dan Paspor Lama.
• Fotocopy :
– KTP dengan ukuran normal sisi satu dan dua pada satu halaman dan biarkan ukuran kertas A4.
– Akta Kelahiran atau Ijazah ukuran A4
– Kartu Keluarga ukuran A4
– Paspor Lama ukuran A4
– Kenapa semua harus ukuran A4 dan pada satu sisi saja ?? karena nanti dokumen ini akan di scan oleh Petugas Imigrasi.
• Materai Rp.6.000 dan Lem
• Pulpen Hitam
• Map ? ga perlu bawa Map gpp, karena nanti Mapnya digantikan dengan Map dari Imigrasi
Kalau bingung-bingung, di belakang ada tempat fotocopian kok, yang udah tahu kudu fotocopy gimana dan juga sedia materai kok. Ra sempet salah Fotocopy KTP karena Cuma sisi 1 hahahaha.. jadi FC lagi deh, selembar Rp.500 disitu.

Datang ke Imigrasi, bilang “Sudah Daftar ONLINE” nanti akan diarahkan untuk antrian khusus ONLINE.
IMG_20150119_080141 Untuk menghindari overload, Imigrasi sudah memasang pengumuman besar-besar bahwa perhari untuk ONLINE hanya diterima 250 permohonan.
8. Tunjukkan Print-Out TANDA TERIMA PRA PERMOHONAN, nanti barcode di scan, Walau menurut Mira, Mira sudah datang lumayan pagi “Jam 8 looh udah di Imigrasi, tapi dapat nomer antriannya tetap aja udah 50an” ya sudahlah.. sabar menanti deeeh
9. trus kita akan dikasih MAP Imigrasi isinya Form dan Lembar Pernyataan  GRATIS..!!!
Form nya Ditulis dengan Tinta Hitam dan jangan Lupa Materai Rp. 6.000,- untuk ditempel di Lembar Pernyataan,
10. Duduk di depan Loket sesuai dengan yang tercantum di Nomer yang kita dapat.
Jangaaan harap deh, bisa tuker2an nomer sama orang lain, karena misalnya kita mau pergi dulu dll, baru balik ntar, biar nomer ga kelewat, tukeran sama orang lain.. BIG NO..BIG NO…
karena di Nomer antrian itu ada barcode nya dan tertulis jelas tuh Nama Setiap Pemohon.
11. Wawancara, Sidik Jari dan Foto
Fiuuuuh.. akhirnya kepanggil juga jam 11.40 an.. barijeung dari tadi tuh deg2an pisan jangan2 baru akan kepanggil after lunch.. hadeuuuh. Anyway Alhamdulillah kepanggil before lunch, di tanya mau kemana, dilihat dokumennya, trus discan deh dokumen2nya oleh petugasnya, kalau kebetulan KTP nya masih salah FC nya,dengan baik hatinya difotocopikan loh. Habis itu dibilangin deh, “Kembali lagi Hari Jum’at ya untuk Ngambil Paspor barunya”, trus dikasih lagi lembar bukti penerimaan SPRInya untuk nanti diperlihatkan saat pengambilan.
 Huaaaa serius nih 3 harian aja.. ga pake lama dll
3 hari Kemudian..
Jreng..jreng.. kali ini Ra datang lebih pagi, jam 07.30 udah sampai di Imigrasi, membawa Bukti Penerimaan SPRI nya.
1. Ke Pak Petugas yang berdiri dekat pintu, bilang “Pak Mau Ambil Paspor” nanti ditunjukin antrian mana yang harus diikutin
2. Diantrian ini, jangan lupa tunjukin SPRI tadi, kalau mau memudahkan Petugas, tunjukkan lagi Kertas yang ada Nomer Billing nya, jadi Petugas tinggal scan aja.. trus keluar deh nomer Antrian nya.. daaaan, Mira dapat nomer 68 wkwkwkw.. sempat berburuk sangka, “alamat dapat after lunch ini mah”
3. Duduk Manis deh nungguin dipanggil.
4. Pas Nomer nya dipanggil, tinggal tunjukin nomer antrian dan SPRI nya. Langsung deh jadi Paspor barunya.. oiaaa Ra dipanggil jam 08.20.. ga sampai sejam loooh.. fiiuuuuh senang banget, padahal udah bawa laptop, earphone bersiap-siap untuk ngapain gitu sembari nungguin.
5. Oia, Kalau mau ambil Paspor lama, boleh banget.. tinggal isi formulir, tempel Materai Rp.6.000,- tanda tangan deh
6. DONE… yeaaah Done

IMG_20150119_075946

Ah iya, mau mengagumi KANIM I Bandung dan Web Imigrasi nyaaaa, berhubung dulu juga pertama kali buatnya di KANIM Bandung juga, tapi ga online.
1. Petugasnya
Dimulai dari pak satpam yang baik hati dan petugas-petugas lainnya yang full murah senyum
Ingat ya, ketika pertama kali datang ke KANIM, jangaaan asal ikut antrian, tapi samperin dulu Pak Petugasnya, dan bilang ngapain. Kalau ga, halaah bisa salah ngantri..dan antriannya panjaaang
2. Nomer Antrian TERBATAS
Karena diberlakukan Nomer antrian terbatas yaitu 250, walau dibilangin”pengambilan nomer sampai jam 12.00”, tapi jam 10an, sudah ga tampak lagi antrian mengular, karena ya itu tadi.. Mesin Antriannya hanya mengeluarkan nomer sampai 250.
Jam berapa kudu ngantri ? hm.. berdasarkan pengamatan Ra yang datang jam 07.30 pun sudah dapat nomer 068.. hm..sepertinya jam 07.00 udah boleh ngantri tuh. Tapi ingat, jangan kesiangan datangnya =) nanti keabisan tuh.
3. Online and Linked
Begitu selesai isi aplikasi di website imigrasi, langsung dapat email reply nya
Begitu selesai pembayaran di Bank BNI , langsung dapat email notifikasinya
Kalau ragu-ragu2 pas hari pengambilan, status Paspor kita bisa dilacak di Web, atau SMS (sayang, Ra ga sempat nyatat nomer SMSnya di Billboardnya)
Dan walau Mira tidak Ber-KTP Bandung, tetap bisa buat paspor di Bandung =D
4. Loket yang disesuaikan, Loket-loketnya sudah dibagi-bagi untuk yang datang langsung, atau daftar online, khusus pengambilan, bahkan ada loket khusus untuk Lansia dan Balita.
5. No additional unnecessary budget
Total pengeluarannya :
Biaya Paspor 48 Hal Rp. 300.000
Biaya Biometrik Rp. 55.000
Biaya Bank Rp. 6.000
Materai Rp. 6.000 (Ra bawa sendiri sih)
Fotocopy 1 lembar Rp. 500
Parkir 2x kunjungan (ga perjam) Rp. 4.000 (Cuma untuk ngasi petugas parkir)
Total Rp. 371.500
Dibandingkan 5 tahun yang lalu, sekitar Rp. 300an juga.. IMO masuk akal.

6. Fasilitas Ruang Tunggu
a. Big Screen
Yups, untuk menampilkan nomer antrian, sesuai dengan tempat duduk antrian, ada Layar Besar yang menggantung, dan kalau kita daftar online, di layar itu bakal tercantum Nomer Antrian dan Nama Kita. Setidaknya.. ga akan berburuk sangka kita disalip orang dll, karena nomer antrian 1 untuk 1.
b. Televisi …!!!
Untuk nunggu antrian wawancara and sidik jari dan foto, jangan lupa bawa buku, atau laptop atau apapun untuk mengisi waktu, tapi kalaupun ga bawa, ga usah khawatir, ada Televisi koook di ruang tunggu, dan channel nya pun.. Televisi Berlangganan.. prok..prok.. keren. Kemarin pas Ra ngantri, yang diputar acaranya “just for gags”, jadi ketawa-ketawa bareng sama yang pada ngantri lainnya.
c. Minuman
Di depan tiap-tiap loket antrian, tersedia air mineral gelas, Gratis, dan ga dibatasin juga mau ambil berapa kali, Cuma yaaa tahu diri aja sih, jangan ambil banyak-banyak.. tapi dasaaar tipikal orang.. hadeuuh disediakan rapi2 gitu, plis deh, mbok ya klo abis minum, gelasnya dibuang ke tong sampah yang tersedia di beberapa pojokan, jangan abis minum, trus gelasnya ditinggalin di tempat duduknya, trus pindah tempat duduk.
d. Permen
Awalnya sih penasaran, ada pot2 lumayan tinggi di dekat minuman tadi, Iyaaa, di samping minuman, disediakan juga permen loooh.. permennya ? jangan salah, yang mira lihat adalah yang Berkilau.. intinya permennya ga abal-abal kok, dan lagi-lagi GRATIS.
e. Ruang Menyusui
Mira Lihat ada ruang Menyusui.. tapi pas mira lihat sih, belum rapi.. tapi melihat melihat ada tulisan itu.. prok..prok..keren. semoga segera terwujud..amin..amin

Kesimpulan… Yeaaay Indonesia semakin Maju Systemnya.. prok..prok..prok… KEREN..
walau dengar2 kalau ONLINE cukup SEKALI DATANG, pada KENYATAANnya jadi DUA KALI DATANG, tapi Ra Puas banget sama pengurusan paspor kali ini, sesimpel, googling syarat apa aja yang diperlukan, do it online, Bayar ke Bank Terdekat, Datang ke Imigrasi Pagi2..
Perpanjang Paspor beneran Bisa dilakukan secara ONLINE dan cuma perlu 3 hari kerja untuk mendapatkannya.