Mudiknya Ayah

Dari dulu, saya selalu bertanya-tanya, alasan kenapa saya kalau ‘mudik’ selalu hanya ke rumah orangtuanya Ibu saja ??!! terlepas bahwa ternyata (sepertinya) di suku daerah kami, mudik itu ke rumah keluarga perempuan.

Alasan lain mungkin, karena kampung Ayah terletak lebiiih jauh, yang berarti lebih mahal, walau saya bertanya-tanya juga ‘tapi kayanya teman-teman saya mah, mau sejauh apa pun, sepertinya tetap aja ‘mudik’, maka jadilah saya merasa sepertinya esensi mudik itu, hanya sekedar ‘mengunjungi rumah nenek kakek (dari garis ibu).

Jadilah, memori saya akan ‘kampung halaman’ adalah ketika saya masih TK, satu kali saja, setelah itu, kalaupun ada event tertentu, Ayah tidak terlalu ‘memaksakan’ kami anak-anaknya untuk ikut ke kampung halaman Ayah (yang semestinya kampung halaman Ibu dan kami anak-anaknya juga), jika ‘harus’ ke sana, paling-paling hanya Ayah ibu dan adik, sedangkan saya dan ajo ditinggal di Lampung, dititipkan di rumah tante, sedangkan uni dan ajo yang sudah sekolah, malah di tinggal saja di Jakarta bersama Om yang kebetulan memang kuliah di Jakarta.

Jika bisa dinilai dari harga tiket, jika mau berlogika.. menjadi hal yang sangat wajar, ketika akhirnya Ayah selalu memutuskan ‘ke rumah Nenek di lampung saja’ karena tiket kesana murah, dan bisa pakai mobil saja.. jadi lebih murah dan lebih cepat, Untuk ke Lampung, hanya butuh 6-7 jam, sedangkan ke Padang perlu 2 hari 1 malam dengan kapal laut…

Tapi, saya pribadi lebih menilai… betapa Ayah mendahulukan kepentingan anak-anaknya, mementingkan kenyamanan keluarganya, Ayah tidak pernah rela anak-anak nya ‘kelelahan di jalan’ (walau kami tahu, hanya akan tidur saja di mobil), Ayah tidak pernah merelakan anak-anaknya ‘ijin sekolah’ hanya agar Ayah bisa bertemu orang-tua nya.

Terimakasih ayah, yang sudah mengorbankan waktunya untuk bertemu orang-tuanya, tapi tetap membiarkan kami tetap merasakan ‘mudik’ walau hanya ke rumah orang tua ibu.

#Ayah, yang mendahulukan Istri dan Anaknya..
#Ayah Saya
#Mudiknya Ayah

Leave a Reply

