“Ayah itu..Tidak Membelikan.. tapi Ayah Membuatkan”

“Ayah itu..Tidak Membelikan.. tapi Ayah Membuatkan”

Jangan beli..!! Marah Kakek nanti..”  adalah kalimat yang sampai sekarang masih terngiang ditelinga, karena setiap kali melihat benda dari Kayu, apapun bentuknya.. meja..kursi..dadu, alat peraga, truk mainan ,bahkan rumah selalu teringat pada Ayah dan ayah selalu bilang “Jangan beli.. marah Kakek Nanti”

Meja Belajar

Ketika Anak-anak nya mulai Sekolah.. dan anak-anaknya bukan tipe yang belajar di Meja Belajar, Ayah membuatkan Meja Kecil (seperti meja yang digunakan untuk mengaji di Masjid).. hanya bedanya.. Meja buatan Ayah “didesain oleh Ayah supaya 1 Meja itu.. cukup untuk membuka 1 buku Tulis dan 1 Buku Mata Pelajaran…

Melihat sang anak menulis sambil mengangkat-angkat buku pelajarannya..  maka ayah membuatkan kembali Meja belajar lainnya, dengan kemiringan yang “PAS” sehingga sang anak tidak perlu mengangkat2 buku nya..

Meja itu.. di cat oleh Ayah.. dengan cat Meni (kata ayah itu namanya) lalu di cat untuk kayu (baru tau kalau cat itu berbeda-beda ya) bahkan Ayah mendempulnya.. persis seperti tukang kayu Ahli..

Dadu

“Ayah, mira sedang pelajaran kemungkinan.. besok ada percobaan dengan menggunakan Dadu, jadi disuruh membawa Dadu”

Mira tidak membawa dadu dari permainan ular tangga atau monopoli..

Tapi Mira membawa Dadu berukuran 1 inch berbahan Kayu lengkap dengan titik Merah nya..

Yap.. Ayah membuatkan dadu tersebut dari sebuah kayu tak terpakai, lalu di amplas agar tidak melukai tangan lalu di gambarkan 1 bulatan hingga 6 bulatan

Biologi

“Ayah, Mira mau percobaan, seberapa besar kemungkinan sifat genetik itu muncul.. caranya dengan Lempengan kayu diberikan jarum lalu jarum nya diputar. Setelah berapa putaran berapa kali jarum itu akan berhenti pada suatu titik…

Besok nya Mira membawa sebuah Lingkaran terbuat dari Kayu.. dengan penunjuk dari Kayu yang seperti Panah, dipasang dengan menggunakan baut dan paku, sehingga diharapkan ketika diputar tidak akan ada peristiwa jarum bengkok atau nyangkut, karena “sekedar dipaku”

Lemari

Menjadi Anak Kos yang terpisah dengan orangtua, mengharuskan mempunyai benda-benda seperti lemari dan meja belajar, Hal yang sebetulnya sangat simple aja.. pergi ke Pasar Kaget tiap Minggu, beli deh Meja Belajar.. atau Lemari..

Tapi Ayah.. membawa Lemari dari Jakarta.. Lemari dengan inisial namanya “SS”.. haaaa Ayah, berapa lama waktu yang ayah habiskan untuk membuat lemari itu..

Hanger Baju

Menjadi anak Kos yang sering rebutan jemuran.. udah gitu.. badan kecil.. jadi kalau pun pakai hanger, bingung menggantungnya.. jadi.. Ayah pergi ke Toko Bangunan, beli Kawat tebal, lalu dengan telatennya dijadikan berlekuk-lekuk sehingga bisa menggantung beberapa baju.. sedangkan panjangnya.. disesuaikan dengan tinggi badan Mira.. sehingga mira bisa menggantungkannya sendiri tanpa perlu teriak “ga sampe..!!”

Truk Mainan

In-line skate Mizu yang tak terpakai…  sebagai Roda ditambah potongan kayu … dengan sedikit cat.. lalu sedikit ujung dirigen sebagai Kaca Spion .. Jadilah sebuah Truck Mainan dengan 8 Roda..

Rak Obat

Osi Perlu Rak Obat dengan ukuran segini ya.. trus nanti sekali-kali harus menumbuk puyer.. berarti perlu meja juga.. Ukur sana-sini disesuaikan dengan tinggi badan, agar tidak terlalu menunduk ketika membuat puyer.. Ayah membuatkan Lemari Obat itu..

Rumah

Berapa Luas tanahnya.. berapa pipa yang diperlukan.. berapa instalasi listriknya… Osi mau dimana kamar mandinya… tempat meletakkan mesin cuci nya.. Ayah akan buatkan rumah itu…

Akhirnya sampai sekarang, itu pula yang menjadi Kalimat diantara kami.. jika menemukan benda-benda dari kayu dan ternyata salah satu diantara kami mendapatkannya dengan Membeli akan ada komentar”Jangan ketauan Ayah..ntar dimarahin ayah loh.. karena Ayah bisa membuatnya =p”

Image

“Ayah Jarang membelikan apa yang kami inginkan.. tapi Ayah Membuatkan apa yang kami perlukan” 

Terima kasih ayah..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s